Teknik melukis merupakan langkah-langkah khusus dalam melukis yang di harapkan dapat memberikan petunjuk bagi seseorang yang ingin menekuni bidang lukis melukis. Dengan teknik melukis yang benar, maka diharapkan akan didapatkan karya lukis yang fenomenal. Pelukis memiliki teknik-teknik khusus tersendiri dalam melukis. Hal ini yang membedakan satu pelukis dengan pelukis yang lainnya.
Teknik melukis yang kita kenal dan bnyak di terapkan dalam dunia melukis, yaitu:
1. TEKNIK AQUAREL
yaitu, teknik melukis yang menggunakan cat air sebagai salah satu bahan dasarnya, selain cat pewarna. Pada saat kita menggunakan teknik aquarel ini, zat pewarna yang kita campurkan dengan air di tempatkan pada satu tempat khusus yang dinamakan palette. Pada saat mencampurkan zat pewarna ini, pewarna berbentuk pasta di masukkan ke dalam lubang palette dan diberi air sesuai keperluan.
Jika ingin mendapatkan warna yang lebih gelap, maka air yang kita campurkan sedikit saja. Tetapi jika kita ingin warna yang cerah atau transparan, maka kita menggunakan air yang banyak. Begitu seterusnya dalam penggunaan air serta teknik melukisnya
2. TEKNIK PLAKAT
Teknik plakat ini menggunakan cat minyak, cat poster, atau cat acliric. Pada saat kita menggunakannya, dilakukan dengan goresan yang tebal, sehingga menghasilkan warna yang pekat dan padat.
3. TEKNIK SEMPROT
adalah teknik melukis yang menggunakan bahan cat cair yang disemprotkan dengan sprayer. Dalam prosesnya, kita menggunakan kompressor sebagai penekan udara semprotnya. Dalam hal ini kita harus berhati-hati dalam setiap poin yang akan kita lukis. Penerapan dalam teknik ini contohnya adalah pembuatan reklame.